Selasa, 23 Agustus 2011

Obsessive Compulsive Disorder !!

Okeh ceman-ceman, kali ini gue mau ngepost postingan yang gue copas dari sini . Postingan nya lucu, makanya gue post, cekidot !

Diangkat dari kisah nyata.
Perjalanan hidup seorang gadis belia.
Menerjang kerasnya hidup di jakarta.
Mutia.. oh Mutia.
Tuktiktaktiktuktiktak suara sepatu kuda.

Dan ceritera ini pun bermula.



Bukannya apa-apa, cuma mau nanya.
Pernah ngalamin hal serupa?

"Cucian tadi udah gue jemur atau masih di mesin ya?"

"BBM dari gebetan udah gue bales belom si?"

"Eh poni gue udah mohawk sempurna belom yah?"

"Pacar gue tu cuma ada 3 orang atau masih 5?"


Ya semacem gitu tuh, lupa ngunci pintu, padahal udah.
Lupa ngerjain PR, padahal emang belom.
Lupa cebok, padahal? Padahal udah. Tapi lupa tutup pintu.

-..-

Cemas.. Cemas.. Cemas.. Bimbang tak berujung, bagai kencing dalam karung. Ragu sama diri sendiri mikirin, siapa sih orang tua upin ipin. #ApaDehMamahDedeh


Selalu ada pikiran yang berulang-ulang bilang,
"Tunggu. Gue tadi udah ngonci pintu kosan belom ya? Udah deh kayanya. Ah tapi tar dulu, orang tadi buru-buru. Kalo sampe belom ngonci, gila aja harta gono-gini semua disitu. Tapi udah deh, perasaan. Perasaan loh yah, tadi beres dandan, gue keluar kamar, kunci pintu, masukin kunci ke saku, terus berangkat. Biasanya juga gitu. Yakin, yakin.."


*hening*


"Eh tapi jangan-jangan itu ingetan gue yang kemaren? Siapa tau? Iya, itu bukan kejadian hari ini dehh. Abisnya rutin, ga ada bedanya. Kayanya musti cek lagi ni, beeeuhhh.."


Begitulah konflik di otak gue belok kiri dikit. Time wasted. Ribet pada detail, waktunya abis buat mem-perfect-kan hal yang ga penting. Akhirnya gue telat masuk kantor. Tapi gapapa. Telat masuk masih mending daripada telat ngangkat. Iya, ngangkat telepon. Ngok!

Bukannya apa-apa, cuma mau ngasih tau.
Ternyata kecemasan macem itu tuh ada namanya. Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Istilah kerennya sih gitu, coba deh lo ngomong depan temen lo yang labil-labil, dijamin lo bakal difitnah intelek. Asik.


Obsessive Compulsive Disorder adalah salah satu bentuk kecemasan klinis yang ditandai dengan adanya perilaku obsesif (harus - tidak ada toleransi) yang berkaitan dengan perilaku kompulsif (melakukan sesuatu dengan berulang-ulang). Perilaku kompulsif ini bertujuan untuk menenangkan perilaku obsesifnya. Sampai batas-batas tertentu, kondisi ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai perfeksionisme.


Tapi kecenderungan perfeksionisme beda dengan perilaku OCD, walaupun kedua-duanya mengandung unsur kompulsif tadi. Seseorang yang menderita OCD memiliki beberapa kecenderungan, obsesinya disebabkan oleh kecemasan yang sulit diterima dengan akal sehat. Terdapat banyak pikiran, dorongan, dan bayangan yang tidak berkaitan dengan masalah nyata.


Beberapa tipe OCD :


1. Checkers
Terobsesi untuk selalu memeriksa. Penyebabnya kecemasan yang irasional. Kaya kasus gue tadi, ragu udah ngunci pintu atau belon, takutnya momen yang gue inget itu adalah kejadian hari sebelumnya. Camas dapet akibat fatal yang berpotensi mencelakai diri sendiri dan orang-orang sekeliling. Dan jika hal buruk kejadian, orang yang punya kecenderungan ini bakal nganggap dialah pihak pertama yang harus disalahkan.
(Ini tipe gue, tapi ga separah itu.. Stadium 1, sabi laah..)


2. Washers and Cleaners
Merupakan orang yang memiliki ketakutan irasional terkontaminasi kuman, jadinya secara kompulsif dia bakal ngehindarin diri dari kontaminasi tersebut, misalnya membersihkan diri. Walaupun berkali-kali mencuci, dia ga juga ngerasa aman. Pada beberapa kasus, tipe ini terjadi akibat trauma diperkosa (atau diperlakukan tidak senonoh secara seksual), sehingga ia merasa dirinya terus menerus kotor.
(Ngeri..)

3. Orderers
Merupakan orang yang fokusnya mengatur segala sesuatu agar tepat pada tempatnya. Mereka bakal ngerasa tertekan kalo benda-benda tersebut dipindahkan, dipegang, atau ditata oleh orang lain.
(Kopet..)

4. Obsessionals
Merupakan orang yang memiliki perasaan obsesif dan intruktif, bahkan terkadang menakutkan jika dirinya akan mengakibatkan kemalangan atau kecelakaan.
(Nggh, ada yang bisa bantu jelasin? gue juga ga nangkep nih apa maksudnya..)

5. Hoarders
Merupakan orang-orang yang senang mengumpulkan barang-barang tidak berharga.
(Gue juga suka nih, ngumpulin karet bekas dari bungkus nasi uduk.. Lumayan buat penghapus pensil.. #mentalAnakKos)


Tolong jangan fitnah gue beneran maparin penjelasan tentang OCD dengan pikiran gue sendiri. Gue ga seintelek itu. Penjelasan-penjelasan tadi berasal dari sumber mata air terpercaya, cekidot gan.
Dan untungnya emang kecenderungan OCD tipe checker gue ga parah-parah banget. Karena kadang gue murtad dari kecenderungan itu sendiri. Ga percaya? Ini buktinya.



0 komentar:

Posting Komentar